Saturday, April 15, 2017

Dosa Adam & Hawa (Part 1)



by: Grace Suryani Halim

"Gimana bisa Yesus mati buat menebus dosa gue? Waktu Yesus disalib kan engkong buyut kita bahkan belum lahir saat itu. Gimana dosa-dosa kita yang belum ada pun membuat Dia disalibkan??"

“Bukannya yang udah buat dosa Adam dan Hawa ya? Skrg kita jadi pendosa, Adam dan Hawa juga penyebabnya?"

Pertanyaan bagus, gals!! Abis baca pertanyaan-pertanyaan itu gue berulang kali doa, tanya Babe, ini gimana ya Tuhan jawabnya?? :p That's why, gue suka kalo dapet pertanyaan yang gue sendiri ngga tahu jawabannya. Pertanyaan kaya tadi mendorong gue berpikir dan semangat buat Tanya-tanya ke Babe.

"Gimana bisa Yesus mati buat menebus dosa gue? Lahir aja belon, artinya kan dosa gue belom eksis."

Guys, untuk menjawab ini kita perlu sadar satu hal. Bapa kita, Tuhan kita itu adalah Alpha dan Omega. Dalam pembukaan kitab Wahyu ada sebuah kalimat

"Kasih karunia dan damai sejahtera menyertai kamu, dari Dia, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang" (Wahyu 1: 4)

Versi inggrisnya "Grace to you and peace from Him who is and who was and who is to come."

Allah kita itu adalah Allah yang sekarang ADA, dulu ADA, dan yang AKAN ADA. God who is and who was and who is to come. Dia Allah atas waktu. Dia ada di masa lalu, masa kini dan masa datang. Allah sudah tahu semua yang akan terjadi sebelum semuanya terjadi, karena DIA MENGATASI WAKTU.

Jadi ketika Yesus mati di kayu salib, Yesus tidak hanya mati untuk dosa-dosa yang sudah ada (dosa Adam Hawa - sampai dosa Petrus), tapi juga untuk dosa-dosa kita yang BELUM DILAKUKAN. Dalam pengetahuan Tuhan akan masa depan, Dia tau kita akan melakukan dosa-dosa itu

"Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa." Roma 5 : 8

Sederhananya mungkin seperti ini. Pikirkan Bapa itu seperti orang tua yang sayang sama anak-anak-Nya. Nah, ortu zaman sekarang kan rata-rata pada punya yang namanya asuransi pendidikan buat anaknya. Anak masih bayi, bicara aja belon bisa, ortunya udah nyiapin duit buat nanti dia kuliah. Atau kayak gue dan Tepen yang begitu tau gue hamil, langsung bikin kamar bayi, beli box bayi dan sebagainya. Bahkan sebelum gue hamil aja, Tepen udah siapin duit buat nanti biaya gue melahirkan dan biaya bikin kamar bayi. Gue belum hamil loh waktu itu, tapi Tepen udah bilang berapa tabungan yang dia punya kalau sewaktu-waktu kami punya bayi. All is prepared bahkan sebelum bayinya lahir.

Kenapa kita siapin ini itu? Kan bisa aja cari box bayi sesudah bayinya lahir. Bisa aja kan? Ya bisa, tapi kita siapin jauh-jauh hari karena sebagai ortu, kita tahu bayi ini akan BUTUH ITU SEMUA. Dia butuh box bayi, dia butuh kamar, dia butuh baju, dia butuh popok, dia butuh kain bedongan. Nanti gedean dikit dia akan butuh stroller, butuh piring dan sendok sendiri, butuh kursi makan, dan segala macem perlengkapan bayi lainnya.

Bayi gue sadar ngga dia butuh itu semua? Belon lah ... :p Dia mah masih asik berenang, maen-maen di perut gue hehe… But as a parents we've prepared all this because WE KNOW our baby will need that!

Kalo gue yang orang berdosa aja tahu mempersiapkan yang baik untuk anak gue, apalagi BAPA! Dia tahu kebutuhan terbesar kita itu bukan pakaian, bukan rumah, tapi KESELAMATAN. Karena itu sebagai Bapa yang baik, sebelum kita lahir, sebelum engkong buyut kita lahir, sebelum kita SADAR kita akan butuh itu, Tuhan sudah siapkan semuanya ...

Lewat pengorbanan Kristus, Tuhan Yesus sudah mati untuk menebus dosa gue. Dosa gue waktu gue bayi sampe dosa gue nanti waktu umur gue 70 thn, sampe dosa anak cucu gue, semua sudah ditebus, sudah dibayar. LUNAS. Karena Bapa tahu, gue butuh itu, anak cucu gue butuh itu...

Kalo kita mau mengakui dan menerima hadiah Keselamatan itu, dosa kita LUNAS. Tapi kalo ngga mau terima, ya ngga lunas lah, lo bayar sendiri lah ... :p

Sewaktu gue hamil, gue makin sadar betapa Bapa itu luar biasa baik. Dia ngga seperti ortu yang menebak-nebak kira-kira nanti anaknya butuh apa. Sebagai Allah IA TAU PERSIS apa yang kita butuhkan, dan Dia SUDAH sediakan itu!

Lalu pertanyaan selanjutnya,

"Bukannya yang buat dosa tuh Adam dan Hawa ya? Sekarang kita jadi orang berdosa kan juga gara-gara mereka?"

Nah, ini kita bahas 2 hari lagi ya :)

Klik disini untuk part 2

No comments:

Post a Comment

Share Your Thoughts! ^^